/* */ Tips Cek NISN | Operator Sekolah Dapodik

Tips Cek NISN

Terkadang sebagai operator dibuat kebingungan ketika menginputkan nama siswa yang ternyata salah yang tidak sesuai dengan di Ijazah maupun SKHU. Tentu ini akan menambahkan pekerjaan yang harus diselesaikan. Mungkin kalau hanya satu dua orang tidak masalah, tapi bagaimana jika siswa anda mencapai ratusan bahkan ribuan.  Mengingat untuk mengedit perubahan data siswa tidak semudah seperti membalikkan kedua tangan. Mungkin bagi yang sudah pengalaman tidak masalah tapi bagaimana rekan-rekan kita yang baru mengerjakan tugas mulia ini.

Tapi jangan khawatir pembaca sekalian. Disini akan saya share pengalaman saya tentang hal tersebut bagaimana cara atau Tips Cek NISN. Terlepas NISN tersebut ternyata milik orang lain atau malah data tidak ditemukan. Perlu diingat, tulisan saya sekedar membantu Cek NISN. Untuk pengaduan tentu ke diknas setempat.

Baca juga Cek NISN Ganda.

Sebelum saya bahas lebih detail. Saya akan memberi saran bahwa untuk mencari NISN yang harus valid datanya adalah tempat lahir dan tanggal lahir. Untuk nama tidak harus lengkap. Kecuali jika data tersebut salah. Kenapa tidak harus nama ??? Cukup kita tahu namanya meskipun tidak lengkap yang mungkin bisa dijadikan bahan data diinpukan nanti.

Baiklah mari kita mulai...
Saya akan mengambil contoh data siswa yaitu Nama : Chandriga Winahyu Dewi Lestari, Tempat Tanggal Lahir : Malang, 9 Agustus 1998

Baca juga Cek By Nama.

LANGKAH I
AMBIL NAMA KHUSUS/TIDAK UMUM

Hal ini akan mempercepat hasil pencarian data siswa tersebut sehingga cukup tampilkan data input seperti pada gambar dibawah ini :


Coba lihat data yang saya gunakan untuk menginput data tersebut. Hal ini akan memperkecil kesalahan pembacaan database pusat sehingga data segera tampil. Justru menulis nama dengan lengkap akan memberikan peluang pencaraian gagal/data tidak ditemukan karena tiap kharakter dari nama akan disamakan oleh program sehingga jika ditemukan tidak sama sekalipun 1 kharakter maka data tidak tampil. Perhatikan gambar dibawah ini : 


Selanjutnya Tekan tombol Cari, maka akan tampil :



LANGKAH II
VALIDASI DAN DOKUMENTASI NISN

Setelah hasil pencarian tampil, maka saran saya pembaca harus Cek NISN Berdasarkan Nomor untuk validasi dan Dokumentasi NISN. Silahkan baca dan praktekkan tulisan tersebut sehingga nanti akan tampil data seperti gambar dibawah ini :




Demikian penjelasan tentang Tips atau Cara Mengecek NISN. Semoga dapat membantu.
Share on Google Plus

About Aa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar